Tips Sukses Melewati Interview kerja
interview kerja KerjaInterview kerja menjadi salah satu proses yang paling menentukan apakah seorang pelamar kerja akan diterima oleh recruiter atau HRD. Dalam interview kerja, para HRD telah berpengalaman untuk melihat bagaimana calon karyawan tersebut akan cocok atau tidak dengan perusahaannya. Selain itu, interview kerja bukan hanya menjawab pertanyaan yang diajukan oleh HRD dengan baik dan benar, namun juga bagaimana kamu berperilaku dan berpenampilan akan memberi sebuah nilai impresi awal yang menentukan. Oleh sebab itu, Ginicaranya akan memberikan beberapa tips agar kamu bisa melewati interview kerja secara maksimal.
Kita awali tips dengan hal-hal apa saja yang boleh dan sebaiknya dilakukan saat kamu melakukan interview kerja.
1. Pakai pakaian yang tepat
Gunakan pakaian formal seperti kemeja atau blouse. Jangan pakai kaos partai apalagi kostum barongsai pas interview. Pastikan juga pakaian yang digunakan itu rapih dan wangi.
2. Bawa seluruh berkas yg diminta perusahaan, termasuk CV
Meskipun kamu sudah pernah mengirim dokumen-dokumen tersebut lewat email, alangkah lebih baik jika kamu bawa hardfile nya. Gunanya untuk backup apabila recruiter menanyakan berkas-berkas tsb. Simpan rapi di amplop/map dan pastikan dibawa semuanya saat interview meskipun tidak diminta.
3. Gunakan gestur tubuh yg tepat
Bersikaplah sopan dan formal ketika interview berlangsung. Make sure kamu eye contact (menatap mata interviewer), senyum, dan juga duduk dengan sopan. Jangan melakukan gestur tubuh yang berlebihan.
4. Berikan jawaban jujur dan jangan berlebihan, terutama ketika bicara soal kelebihan diri.
Jawab semua pertanyaan interviewer secara jujur dan apa adanya. Kamu tidak perlu terlalu show off kemampuanmu hingga terlihat sombong. Jangan pula mengklaim skill yang sebenarnya tidak kamu kuasai karena akan menjadi boomerang di kemudia hari.
5. Datang tepat waktu, lebih bagus jika kamu datang 10 menit lebih awal.
Selalu persiapkan semuanya sebaik mungkin, termasuk datang lebih awal dari yang dijadwalkan. Datang terlalu pagi tidak ada ruginya, ketimbang kamu datang mepet dan terburu-buru ke tempat interview. Semakin awal kamu datang maka kamu memiliki waktu lebih untuk beradaptasi dan menyiapkan diri.
6. Siapkan pertanyaan untuk interviewer.
Setelah interview selesai, biasanya interviewer akan bertanya apakah kamu punya pertanyaan. Gunakan momen tersebut, kamu bisa menanyakan hal seperti bagaimana suasana perusahaan yang akan kamu tempati jika diterima, atau bertanya kapan kira-kira kamu akan mendapatkan jawaban dari interviewer. Buat seolah-olah kamu excited dengan pekerjaan tersebut namun jangan terlalu berlebihan juga.
Selanjutnya, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu hindari atau jangan dilakukan saat melakukan interview kerja:
1. Interview Berakhir
Saat interview selesai dan kamu keluar kantor, tetep jaga sikap. Jangan tiba-tiba ngomel sama receptionist, caper sambil ngelap kaca gedung dll. Bersikap ramah dan biasa aja.
2. Bicara soal keburukan managemen diperusahaan tempat kamu bekerja sebelumnya.
Nah ini wajib waspada, mending dihindari aja. Hal ini karena akan memberi kesan buruk terhadapmu/ Selain itu, jangan posting hal tersebut di sosial media ya.
3. Bahas gaji atau tunjangan.
Jika interviewer tidak sedang membahas gaji, lebih baik tida usah menanyakan hal tersebut. Lagi pula, biasanya perihal gaji sudah dibahas duluan di informasi lowongan pekerjaan. Kamu bisa membahas gaji ketika interviewer sedang membahas hal tersebut denganmu.
4. Jangan curhat
Jangan pernah melibatkan masalah pribadi pada saat interview. Misalnya persoalan rumah tangga, tanggungan kamu dll. Bersikaplah profesional, jangan terlalu banyak membahas hal yang sifatnya personal apabila tidak ditanyakan oleh interviewer.